https://www.almiratravel.co.id/ https://www.almiratravel.com/
Apa Saja Bekal Persiapan Berangkat Haji Tahun Ini? Ini Bekalnya!!!

Apa Saja Bekal Persiapan Berangkat Haji Tahun Ini? Ini Bekalnya!!!

Persiapan Berangkat Haji – Bulan haji sudah tiba, kloter pertama telah diberangkatkan. Artinya musim haji sudah didepan  mata, bagi mereka yang hendak menunaikan ibadah haji segera bersiap karena dalam perjalanan ibadah haji banyak sekali yang harus dipersiapkan. Ada empat hal yang harus diketahui para jamaah haji untuk persiapan berangkat haji yaitu finansial, fisik, informasi, dan mental. jika salah satu diantaranya yang minimal tidak terpenuhi, maka keberlangsungan ibadah haji yang sedang dijalankan akan bermasalah.

Dalam artikel ini, penulis sudah menyiapkan 4 poin terkait persiapan berangkat haji yang perlu diketahui oleh para calon jamaah beserta penjelasannya. Simak poin-poin tersebut :

1. Fisik yang Sehat dan Kuat.

Ilustrasi Olahraga Bersepeda. Sumber: popularitas.com

Perjalanan ibadah haji akan ada berbagai hal yang dihadapi oleh calon jamaah secara fisik selain perjalanan jauh yakni jamaah haji akan menghadapi kondisi geografis yang tentunya sangat berbeda denga kondisi geografis di Tanah Air. Belum lagi check in hotel lalu perjalanan dari Madinah ke Makkah lalu ke Arafah lalu ke Muzdalifah, Mina, Jamarat, hingga Kembali ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian rukun dan wajib haji yang memakan cukup banyak waktu dan jarak tempuh yang tidak dekat. 

Sebagai saran, sebaiknya sebelum jamaah haji berangkat ke Tanah Suci, persiapkan fisik yang sehat dan kuat untuk persiapan berangkat haji dengan poin berikut ini :

  • Istirahat yang cukup
  • Perbanyak Makanan Sayur dan Buah-Buahan 
  • Hindari Bergadang
  • Olahraga teratur

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ini termasuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, dan mengikuti program latihan ringan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Panduan Pelaksanaan Ibadah Haji

2. Finansial dan Materi yang memadai..

Ilustrasi Uang dari sumber Era.id

Bagaimanapun ibadah haji memerlukan modal harta untuk persiapan berangkat haji . Terbukti dari panjangnya antrean keberangkatan ibadah haji, salah satu syaratnya adalah harus melunasi pembayaran paket haji yang telah disepakati. Maka dari itu, harta juga sangat perlu dimiliki oleh calon jamaah haji.

Dilain sisi perjalanan haji juga membutuhkan persiapan materi yang matang, termasuk memastikan kepemilikan dokumen-dokumen penting seperti paspor, visa, akomodasi hotel dan tiket perjalanan. Selain itu, menyusun rencana keuangan yang matang juga diperlukan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan selama perjalanan dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, bagi calon jamaah yang mendaftar haji plus (khusus) harus memastikan bahwa travel yang dipilih adalah travel kredibel, amanah, dan terdaftar di kementerian agama. Salah satu cirinya ialah biro travel haji memiliki izin resmi Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) sebagai bukti biro travel tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara hukum sebagaimana Almira Travel sudah memiliki izin PIHK (SISKOPATUH Izin PPIU D/521/2019 & Izin PIHK No. 413 Tahun 2021) dan sudah terbukti dalam penyelenggara ibadah haji.

Almira Travel sendiri akan memberangkatkan lebih dari seratus jamaah untuk program haji khusus. Kami melakukan pemberangkatan di tanggal 26 Mei 2024. Mudah mudahan diberikan kelancaran oleh Allah SWT pada pelaksanaan Ibadah Haji 2024 M / 1445 H yang dilaksanakan oleh Almira Travel. aamiin.

Bagi Bapak/Ibu ingin berkonsultasi seputar Ibadah Haji dan Umroh, kami membuka komunikasi dengan menghubungi di bawah ini

3. Mental dan Spiritual yang Prima.

Jamaah yang mengikuti rangkaian ibadah haji datang dari berbagai negara, tentu saja karakter serta sikap yang berbeda bisa dirasakan oleh jamaah haji Indonesia. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan hal tersebut serta menjaga kesabaran dan ketabahan hati selama rangkaian ibadah haji dilakukan. Selain itu, memperdalam pengetahuan tentang ritual-ritual haji dan maknanya secara spiritual juga merupakan bagian dari persiapan yang penting.

4.  Edukasi dan Informasi

Penting bagi para jamaah untuk mendapatkan edukasi yang cukup mengenai semua tahapan dan tata cara pelaksanaan ibadah haji. Hal ini dapat dilakukan dengan menghadiri seminar/webinar haji yang diselenggarakan oleh biro travel haji yang resmi dan terdaftar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (kemenag), membaca buku-buku atau materi online yang berkaitan dengan haji, dan berkonsultasi dengan pihak yang sudah berpengalaman terkait perjalanan ibadah haji. Salah satu contohnya Almira Travel yang mengadakan free webinar setiap pekannya dengan Tema Umroh dan Haji Peradaban bersama Pembimbing Umroh Haji Ustadz Daniel Barkah, S.Sy. Infor lebih lanjut bisa klik link dibawah ini untuk konsultasi dengan Customer Service Almira Travel.

Baca Juga : Berapa Lama Ibadah Haji dilaksanakan ?

Yuk Lebih Dekat Ke Baitullah Bersama Kami!!

Kesimpulan

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memastikan kelancaran dan keberkahan dalam menjalankan ibadah haji. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, menyusun rencana materi yang matang, memperdalam pengetahuan spiritual, serta meminta doa dan restu dari orang-orang terdekat, diharapkan perjalanan haji dapat menjadi pengalaman yang memperkaya jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.     

#PersiapanBerangkatHaji #IbadahHaji #AlmiraTravel 

Sumber :

  • www.popularitas.com/
  • www.era.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *