https://www.almiratravel.co.id/ https://www.almiratravel.com/
3 Kelebihan Kenapa Harus DP Haji Untuk Amankan Antrean Haji

3 Kelebihan Kenapa Harus DP Haji Untuk Amankan Antrean Haji

Antrean Haji – Melakukan ibadah haji merupakan impian setiap umat Muslim. Namun, untuk mewujudkan impian tersebut, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan DP (Down Payment) haji lebih awal. DP haji lebih awal memiliki banyak kelebihan yang sangat bermanfaat bagi calon jemaah haji yang salah satunya mempersingkat masa antrean haji agar Anda bisa berangkat lebih cepat.. 

Sebelum kita melakukan DP haji alangkah baiknya Anda mengamati, menganalisa, dan menyeleksi travel haji yang hendak Anda dipilih. Karena jika Anda ingin melakukan DP haji artinya Anda berkomitmen memilih program dan mengamankan porsi antrean haji sesuai dengan paket haji yang dipilih. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih travel haji untuk mendaftar haji, namun pilihlah travel yang berkualitas dan juga resmi.

Pastikanlah travel haji yang Anda pilih alamat kantornya jelas dan bisa dijangkau, ulasannya bagus, dan yang penting ada izin resmi dari Kementerian Agama RI sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Setelah Anda mengamati itu semua, maka barulah Anda dapat memutuskan untuk segera DP haji dan mengamankan porsi antrean haji.

Berikut adalah tiga kelebihan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan DP haji lebih awal.

1. Mengamankan Kuota Antrean Haji

Setiap tahun, jumlah pendaftar haji selalu melebihi kuota yang tersedia. Hal ini menyebabkan antrean haji panjang yang bisa mencapai belasan bahkan puluhan tahun di beberapa negara, termasuk Indonesia. Dengan melakukan DP haji lebih awal, Anda dapat mengamankan kuota haji Anda lebih cepat. Ini berarti Anda bisa mendapatkan giliran lebih awal untuk melaksanakan ibadah haji dibandingkan jika Anda menunda untuk mendaftar.

Antrean haji yang panjang sering kali menjadi alasan utama banyak calon jemaah haji memutuskan untuk melakukan DP haji lebih awal. Kemenag RI secara resmi  telah menetapkan kuota haji tahun 2024 M/1445 H berjumlah 241.000 dengan rincian 213.320 untuk jemaah haji reguler dan 27.680 untuk jemaah haji khusus yang sebelumnya berjumlah 221.000 jemaah haji. 

Hal karena Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebesar 20.000 jemaah dengan rincian 10.000 untuk jemaah haji reguler dan 10.000 lagi untuk jemaah haji khusus. Dan tidak menutup kemungkinan pemberangkatan haji di tahun 2025 pun akan mendapatkan porsi yang sama bahkan bisa lebih dari yang sekarang.

antrean haji
Bapak Saiful Mujab Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dalam pernyataannya tentang Kuota Haji Tahun 2024. Sumber : https://haji.kemenag.go.id/

Maka dari itu, calon jemaah haji yang mendaftar haji jangan menyia-nyiakan kesempatan ini dan segera mendaftar bila anda memiliki kesempatan. Dan jangan ragu untuk melakukan DP haji sebagai komitmen untuk melaksanakan ibadah haji sehingga porsi antrean haji bisa Anda dapatkan dan bisa jauh lebih cepat.

2. Persiapan Finansial yang Lebih Matang

Melakukan DP haji lebih awal juga memberikan kesempatan untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik. Dengan melakukan pembayaran awal dan mendapatkan porsi antrean haji secara cepat, Anda dapat mencicil biaya haji secara bertahap sehingga tidak terasa terlalu memberatkan. Hal ini sangat membantu dalam mengelola keuangan keluarga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan tetap yang harus diatur untuk berbagai kebutuhan.

Menabung untuk biaya haji membutuhkan disiplin dan perencanaan yang baik. Dengan DP haji lebih awal, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dana yang diperlukan, termasuk biaya tambahan seperti biaya hidup selama di tanah suci, biaya perlengkapan, dan biaya kesehatan. Persiapan finansial yang matang ini juga memberikan ketenangan pikiran karena agar tidak terburu-buru dalam memenuhi seluruh biaya haji dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : DP Haji Untuk Amankan Porsi Haji

Tips Persiapan Finansial Lebih Matang dalam Ibadah Haji

Bagi calon jemaah yang memiliki keuangan yang lebih, mungkin mereka tidak mempermasalahkan soal pembiayaan, akan tetapi ada segmen calon jemaah haji yang harus merencanakan keuangan agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan utama jemaah tersebut. Artinya dalam hal ini management keuangan calon jemaah harus terukur agar antara kebutuhan pembiayaan ibadah haji dan kebutuhan pokok keluarga tidak tumpang tindih, ditambah lagi inflasi yang terus meningkat membuat nilai mata uang terus merendah berbanding dengan kebutuhan pokok yan terus meningkat.

Maka dari itu perlu kepekaan finansial untuk bisa mengatur supaya kebutuhan utama bisa menyesuaikan dengan keperluan pembiayaan ibadah haji. Dalam hal ini Anda bisa simak video tentang webinar persiapan ibadah haji oleh Adrian Maulana dibawah ini

Play Video about Adrian Maulana

Pihak travel haji memberikan kemudahan bagi calon jemaah yang ingin menyesuaikan pembiayaan haji dengan cara pihak travel haji memberikan fasilitas kepada calon jemaah untuk bisa mengikuti program Amitra yaitu perusahaan jasa keuangan syariah yang bersedia memudahkan calon jemaah haji untuk bisa mendapatkan porsi haji secara cepat tanpa harus langsung membayar lunas pembiayaan haji tersebut. Dalam hal ini Anda bisa mencicil pembiayaan porsi haji yang telah didapat disesuaikan dengan kesepakatan antara Anda dan Amitra yang di fasilitasi oleh pihak travel haji. 

Bagi Anda yang penasaran perihal cicilan porsi haji, bisa kunjungi website Almira Travel https://almiratravel.co.id/ atau bisa mengikuti webinar tentang Persiapan Ibadah Haji Ala Adrian Maulana yang diselenggarakan oleh Almira Travel bekerjasama dengan Amitra dengan cara klik link dibawah ini.

3. Kesempatan Memperbaiki Diri Secara Spiritual 

Haji bukan hanya tentang perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual. Dengan melakukan DP haji lebih awal, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri secara spiritual. Anda bisa lebih fokus dalam memperdalam pengetahuan seputar ibadah haji, meningkatkan kualitas ibadah, dan memperbaiki akhlak. Persiapan spiritual yang baik sangat penting agar ibadah haji yang Anda laksanakan nantinya menjadi mabrur dan diterima oleh Allah SWT.

Selain itu, masa antrean haji sebelum keberangkatan juga memungkinkan Anda untuk mengikuti berbagai pelatihan dan manasik haji dengan lebih baik. Pelatihan ini sangat penting untuk memahami tata cara ibadah haji yang benar dan untuk memastikan Anda siap secara mental dan fisik. Dengan demikian, pengalaman haji Anda akan menjadi lebih khusyuk dan bermakna.

Baca Juga : Apa Saja Bekal Persiapan Berangkat Haji Tahun Ini?

Dokumentasi Manasik Haji

Kesimpulan

Melakukan DP haji lebih awal menawarkan berbagai kelebihan yang signifikan. Mulai dari mengamankan porsi haji, mempercepat masa antrean haji, mempersiapkan keuangan dengan lebih baik, hingga mempersiapkan diri secara spiritual. 

Oleh karena itu, bagi siapa pun yang memiliki niat untuk menunaikan ibadah haji, sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan DP haji lebih awal. Dengan langkah ini, Anda tidak hanya memastikan kesempatan untuk beribadah haji, tetapi juga mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar ibadah haji Anda dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

Jika Anda ingin berkonsultasi seputar Program Ibadah Haji Khusus beserta pembiayaannya bisa menghubungi customer service Almira Travel dengan cara klik dibawah ini!

#AntreanHaji #IbadahHaji #PorsiHaji #DPHaji #AdrianMaulana #TipsPersiapanIbadahHaji #AlmiraTravel #IbadahSelagiBisa #ManasikHaji

 

Sumber :

haji.kemenag.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *